Apakah KTA Benar-benar Cocok Untuk Modal Usahamu?

Ketika kamu berniat untuk membangun usaha, inovasi produk, pengetahuan tentang calon pasar, serta networking yang baik memang penting. 

Namun, kamu juga membutuhkan modal usaha agar rencana bisnis dapat direalisasikan. Salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk mendapat modal adalah mengajukan Kredit Tanpa Agunan atau KTA

Namun, ada beberapa hal yang wajib kamu pertimbangkan sebelum mengajukan jenis pinjaman tersebut. 

Artikel ini akan mengupas kelebihan dan kekuran pinjaman tanpa agunan, serta daftar pertanyaan sebagaui pedoman untuk memilih pinjaman ini sebagai modal usaha. 

Kelebihan KTA sebagai modal usaha 

1. Tidak perlu jaminan 

Tentunya cukup memberatkan bukan kalau kamu harus memberikan jaminan seperti properti, hasil kebun, maupun mesin pabrik? Ini bisa menjadi tantangan tersendiri terutama untuk kamu yang baru saja memulai usaha. Nah, sesuai namanya, kamu tidak perlu memberikan jaminan kepada pihak bank dengan KTA. 

2. Fungsi yang fleksibel

Kamu bisa menggunakan pinjaman ini sebagai modal awal usaha, pembukaan cabang, bahkan menambah bahan produksi atau perbaikan mesin. Bank tidak akan membatasi penggunaan produk pinjaman ini. Hanya, kamu memang perlu memberikan alasan pengajuan KTA yang tepat agar disetujui oleh bank.  

3. Jangka waktu bisa disesuaikan

Bank memberimu opsi tenor panjang dan tenor singkat. Tenor panjang berjangka 3-15 tahun. Jenis tenor ini sebagian besar diberikan kepada karyawan atau wiraswasta dengan penghasilan tetap agar bank terhindar dari risiko kredit macet. 
Meskipun jangka waktu lebih panjang dengan plafon yang lebih besar, tenor ini seringkali memiliki syarat yang lebih banyak daripada tenor singkat. 
Sedangkan, tenor singkat memiliki waktu pengembalian 1-3 tahun. Jumlah pengembalian tiap bulan memang lebih tinggi, tapi total pinjaman akan lebih rendah daripada tenor panjang.
 

Kekurangan KTA sebagai modal usaha


1. Suku bunga termasuk tinggi 

Tentu saja jika kamu bandingkan dengan pinjaman online yang memberikan bunga 1,5 hingga 24 persen per bulan, KTA memiliki bunga yang lebih manusiawi. Namun, bunga terendah yang ditawarkan produk ini lebih tinggi jika dibandingkan dengan Kredit Usaha Rakyat (KUR) atau jenis kredit lain khusus modal usaha.
Jenis pinjaman tanpa agunan terbaik menawarkan suku bunga flat atau tetap mulai dari 0,79 persen sampai 1,79% per bulan. Sedangkan, bunga KUR hanya 6-7 persen per tahun, atau sekitar 0,5 persen per bulan. 
Lalu, suku bunga KTA juga lebih besar jika dibandingkan dengan pinjaman dengan jaminan. 

2. Limit pinjaman termasuk kecil 

Dibandingkan dengan produk yang mensyaratkan jaminan kepada nasabah, limit pinjaman KTA jelas lebih rendah. Kamu bisa mendapatkan dana hingga Rp 10 miliar dengan agunan. Sedangkan, limit pinjaman tanpa agunan maksimal Rp 300 juta. 

3. Seleksi ketat 

Prosesnya memang tidak rumit dan kamu bisa mencairkan dana dengan cepat. Namun, itu terjadi hanya saat kamu cocok dengan kualifikasi yang diminta. Kamu wajib menyerahkan dokumen berupa fotokopi KTP, KK, NPWP, rekening tabungan, beserta slip gaji asli. Pihak bank kemudian akan melalukan survei langusng untuk memvalidasi data. 

Apakah KTA cocok untuk bisnis kamu?


Sebelum kamu memilih KTA sebagai modal bisnis, ajukan pertanyaan berikut agar kamu yakin dalam memilih produk keuangan. 

1.Berapa bunga yang akan kamu dapatkan? Apakah ada biaya tambahan?
Biaya yang diberlakukan termasuk biaya provisi atau persetujuan, asuransi, tahunan, dan denda keterlambatan serta pinalti jika kamu melakukannya. 

2.Akan kamu alokasikan untuk apa dan bagaimana kamu mencicilnya?
Agar dana pinjaman dapat kamu maksimalkan, rencanakan bidang-bidang yang wajib disokong dana tersebut. Lalu, pastikan pemasukan usahamu stabil sehingga kamu bisa mencicilnya tanpa dikenakan biaya keterlambatan.

3.Apakah benar KTA adalah produk paling cocok? 
Ada banyak produk keuangan yang bisa kamu gunakan untuk modal usaha. Mulai dari KUR, modal ventura, hingga kredit usaha mikro. 

Lakukan perbandingan terlebih dahulu terhadap berbagai jenis produk modal usaha sebelum mengajukannya. 
Kalau kamu sudah yakin memilih KTA sebagai modal usahamu, ajukan pinjaman ini melalui CekAja.com. CekAja akan membantumu mendapatkan dana tanpa jaminan dengan proses pengajuan cepat secara online dan cicilan ringan. Kamu pun bisa menerima pencairan dananya dalam waktu satu minggu saja. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar