Apakah KTA Benar-benar Cocok Untuk Modal Usahamu?

Ketika kamu berniat untuk membangun usaha, inovasi produk, pengetahuan tentang calon pasar, serta networking yang baik memang penting. 

Namun, kamu juga membutuhkan modal usaha agar rencana bisnis dapat direalisasikan. Salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk mendapat modal adalah mengajukan Kredit Tanpa Agunan atau KTA

Namun, ada beberapa hal yang wajib kamu pertimbangkan sebelum mengajukan jenis pinjaman tersebut. 

Artikel ini akan mengupas kelebihan dan kekuran pinjaman tanpa agunan, serta daftar pertanyaan sebagaui pedoman untuk memilih pinjaman ini sebagai modal usaha. 

Kelebihan KTA sebagai modal usaha 

1. Tidak perlu jaminan 

Tentunya cukup memberatkan bukan kalau kamu harus memberikan jaminan seperti properti, hasil kebun, maupun mesin pabrik? Ini bisa menjadi tantangan tersendiri terutama untuk kamu yang baru saja memulai usaha. Nah, sesuai namanya, kamu tidak perlu memberikan jaminan kepada pihak bank dengan KTA. 

2. Fungsi yang fleksibel

Kamu bisa menggunakan pinjaman ini sebagai modal awal usaha, pembukaan cabang, bahkan menambah bahan produksi atau perbaikan mesin. Bank tidak akan membatasi penggunaan produk pinjaman ini. Hanya, kamu memang perlu memberikan alasan pengajuan KTA yang tepat agar disetujui oleh bank.  

3. Jangka waktu bisa disesuaikan

Bank memberimu opsi tenor panjang dan tenor singkat. Tenor panjang berjangka 3-15 tahun. Jenis tenor ini sebagian besar diberikan kepada karyawan atau wiraswasta dengan penghasilan tetap agar bank terhindar dari risiko kredit macet. 
Meskipun jangka waktu lebih panjang dengan plafon yang lebih besar, tenor ini seringkali memiliki syarat yang lebih banyak daripada tenor singkat. 
Sedangkan, tenor singkat memiliki waktu pengembalian 1-3 tahun. Jumlah pengembalian tiap bulan memang lebih tinggi, tapi total pinjaman akan lebih rendah daripada tenor panjang.
 

Kekurangan KTA sebagai modal usaha


1. Suku bunga termasuk tinggi 

Tentu saja jika kamu bandingkan dengan pinjaman online yang memberikan bunga 1,5 hingga 24 persen per bulan, KTA memiliki bunga yang lebih manusiawi. Namun, bunga terendah yang ditawarkan produk ini lebih tinggi jika dibandingkan dengan Kredit Usaha Rakyat (KUR) atau jenis kredit lain khusus modal usaha.
Jenis pinjaman tanpa agunan terbaik menawarkan suku bunga flat atau tetap mulai dari 0,79 persen sampai 1,79% per bulan. Sedangkan, bunga KUR hanya 6-7 persen per tahun, atau sekitar 0,5 persen per bulan. 
Lalu, suku bunga KTA juga lebih besar jika dibandingkan dengan pinjaman dengan jaminan. 

2. Limit pinjaman termasuk kecil 

Dibandingkan dengan produk yang mensyaratkan jaminan kepada nasabah, limit pinjaman KTA jelas lebih rendah. Kamu bisa mendapatkan dana hingga Rp 10 miliar dengan agunan. Sedangkan, limit pinjaman tanpa agunan maksimal Rp 300 juta. 

3. Seleksi ketat 

Prosesnya memang tidak rumit dan kamu bisa mencairkan dana dengan cepat. Namun, itu terjadi hanya saat kamu cocok dengan kualifikasi yang diminta. Kamu wajib menyerahkan dokumen berupa fotokopi KTP, KK, NPWP, rekening tabungan, beserta slip gaji asli. Pihak bank kemudian akan melalukan survei langusng untuk memvalidasi data. 

Apakah KTA cocok untuk bisnis kamu?


Sebelum kamu memilih KTA sebagai modal bisnis, ajukan pertanyaan berikut agar kamu yakin dalam memilih produk keuangan. 

1.Berapa bunga yang akan kamu dapatkan? Apakah ada biaya tambahan?
Biaya yang diberlakukan termasuk biaya provisi atau persetujuan, asuransi, tahunan, dan denda keterlambatan serta pinalti jika kamu melakukannya. 

2.Akan kamu alokasikan untuk apa dan bagaimana kamu mencicilnya?
Agar dana pinjaman dapat kamu maksimalkan, rencanakan bidang-bidang yang wajib disokong dana tersebut. Lalu, pastikan pemasukan usahamu stabil sehingga kamu bisa mencicilnya tanpa dikenakan biaya keterlambatan.

3.Apakah benar KTA adalah produk paling cocok? 
Ada banyak produk keuangan yang bisa kamu gunakan untuk modal usaha. Mulai dari KUR, modal ventura, hingga kredit usaha mikro. 

Lakukan perbandingan terlebih dahulu terhadap berbagai jenis produk modal usaha sebelum mengajukannya. 
Kalau kamu sudah yakin memilih KTA sebagai modal usahamu, ajukan pinjaman ini melalui CekAja.com. CekAja akan membantumu mendapatkan dana tanpa jaminan dengan proses pengajuan cepat secara online dan cicilan ringan. Kamu pun bisa menerima pencairan dananya dalam waktu satu minggu saja. 

Selamat Datang di ChancePlus

Selamat Datang di situs ChancePlus. 

Terus pantau dan ikuti artikel menarik seputar lifestyle, fintech, dan juga kebudayaan.


Terimakasih. 

Cara Memilih Pinjaman Online

Aplikasi pinjaman online tanpa kartu kredit adalah pilihan yang paling cocok bagi yang ingin mendapatkan dana lebih. 

Sebab, beberapa orang yang kurang familiar dengan kartu kredit mungkin akan merasa kesulitan dalam menggunakan kartu.

Sehingga, mencari dana melalui pinjaman online tanpa kartu kredit daring alias pinjol akhirnya menjadi salah satu alternatif. Bahkan saat ini masyarakat Indonesia lebih terbiasa dengan kehadiran pinjaman online tanpa kartu kredit.

Bukan tanpa alasan, pinjol memberikan banyak kemudahan bagi para nasabahnya yang memerlukan dana, kapanpun waktunya. Selain itu, nasabah juga tidak perlu mendatangi kantor cabang atau melakukan berbagai validasi lainnya.

Kemudahan inilah yang membuat banyak orang berbondong-bondong memilih pinjaman online tanpa kartu kredit. Akan tetapi, perlu digaris bawahi, bahwa kemudahan pinjaman online kartu kredit tak melulu memberikan keamanan.

Sebab hingga tahun 2020, kasus pelanggaran keamanan data nasabah pinjaman online  banyak yang mencuat dan membuat nasabah dirugikan.  Tidak sedikit oknum dari pinjaman online tanpa kartu kredit yang melakukan hal yang membuat nasabah jadi ketakutan, hidup pun tidak tenang.

Jika tidak hati-hati, maka nasabah pinjaman online akan mendapatkan beberapa masalah sebagai berikut ini:

1. Pencurian Data Pinjaman Online Tanpa  Kartu Kredit

Pinjaman online tanpa kartu kredit yang tidak terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan cukup berbahaya dan bisa merugikan nasabah. Sehingga, kamu harus hati-hati dalam memilih pinjaman online tanpa kartu kredit ya.

Sebab tidak sedikit oknum pinjol nakal yang mencuri data nasabah dan melakukan penagihan dengan kekerasan, ancaman, bahkan mengakses foto-foto pribadi milik nasabah.

Meski mudah dan pinjaman online tanpa kartu kredit ini menjanjikan banyak sekali keuntungan. Jangan mudah terbujuk rayu jika ada beberapa syarat yang tak masuk akal. Pastikan sebagai nasabah mengerti apa saja yang boleh dibagi kepada pihak ketiga.

2. Bunga yang Tinggi dan Tidak Rasional

Hal yang merugikan lainnya adalah pinjaman online tanpa kartu kredit bisa saja memberikan bunga yang tinggi. Bahkan nilainya seringkali tidak rasional dan diatas ketentuan yang ada. Maksud hati mendapatkan kucuran dana yang menguntungkan, eh malah buntung di awal!

Enggak mau seperti itu kan? Untuk menghindari masalah satu ini, lagi-lagi kamu memang perlu jeli dan teliti tiap akan mengajukan pinjaman online tanpa kartu kredit. Jadi pastikan kamu mengetahui segala aturan yang diberikan oleh pinjaman online tanpa kartu kredit. Pastikan semua hak dan kewajiban konsumen dipaparkan dengan transparan.

Dengan begitu, kamu bisa menakar, mana pinjaman online tanpa kartu kredit yang aman dan memberikan keuntungan, terutama dalam pembayaran cicilan serta bunga yang berlaku.

3. Pelecehan

Tidak jarang nasabah pinjaman online tanpa kartu kredit akan mendapatkan pelecehan saat oknum pinjol ilegal melakukan penagihan. Mereka akan melakukan segala cara, bahkan yang merugikan nasabah sekalipun untuk mendapatkan dana yang ditagih.

Waduh, serem juga ya! Kasus seperti ini sudah sering terjadi dan menimpa para nasabah pinjaman online yang ada di Indonesia. Jadi kalau tidak berhati-hati sekali, kamu bisa dapat getahnya!

4. Kekerasan dalam Pinjaman Online Tanpa Kartu Kredit

Selain pelecehan, nasabah juga bisa berpotensi mendapatkan kekerasan saat penagihan angsuran. Kekerasan ini bisa terjadi secara verbal maupun non verbal.

Bayangkan berapa masalah hidup yang akan menghantui kamu jika memilih pinjol tanpa kartu kredit yang tidak tepat, repot sekali ya!

Padahal maksud hati mendapatkan solusi dari pinjaman, malah bisa menambah masalah. Untuk itu, buat kamu yang sedang mencari dana cepat, sebaiknya lakukan beberapa hal ini agar bisa mendapatkan uang secara online tanpa kartu kredit dengan aman:

1. Cek Legalitas

Pastikan kamu sudah mengetahui legalitas dari pinjol. Jangan sampai setelah kamu mengajukan pinjaman untuk dana darurat, kamu baru sadar jika pinjolnya tidak berizin.

Jadi, kunjungi laman Otoritas Jasa Keuangan untuk mengetahui hal ini. Sebab di luar sana, ada banyak sekali penyedia pinjol tanpa kartu kredit yang tidak memiliki izin.

Otoritas Jasa Keuangan sendiri sudah menetapkan berbagai aturan yang bisa melindungi nasabah dari berbagai upaya yang merugikan seperti yang sudah disebutkan di atas.

Kamu juga harus selalu update dengan informasi terkini, sebab seringkali ada pinjaman online yang tadinya memilliki izin, lalu mendadak izin tersebut dicabut.

2. Memilih Pinjaman Online Tanpa Kartu Kredit

Saat ini ada banyak sekali jenis pinjaman daring yang memberikan banyak kemudahan, tapi jangan tergiur dulu dengan syarat yang terlalu simpel ya.

Jenis pinjol tanpa kartu kredit memang sangat memanjakan, tapi tidak berarti kamu mengabaikan keamanannya. Ini semata-mata agar transaksi kamu jadi aman dan nyaman.

Tak perlu terburu-buru dalam menentukan pilihan. Pastikan saja kamu sudah memilih dan cek dengan seksama kebutuhan serta jumlah nominal yang memang kamu inginkan.

Pastikan sesuai dengan kemampuan ya, agar kamu bisa membayar angsuran dengan ringan dan tenang. Jangan melebih 30 persen dari pendapatan bersihmu di setiap bulan.

pinjaman online CekAja OJK

3. Bandingkan Produk Pinjaman Online

Untuk mendapatkan pilihan pinjol tanpa kartu kredit yang terbaik, kamu bisa dengan mudah melakukannya di Cekaja.com.

Setiap pinjaman online tanpa kartu kredit memilih suku bunga pinjaman online tanpa kartu kredit, yang berbeda, juga plafon yang tersedia. Nah, panjangnya plafon ini tentu bisa kamu pilih sesuai dengan kemampuan. Sehingga saat melakukan pembayaran cicilan, kamu tidak akan merasa diberatkan.

Dengan pembayaran cicilan atau angsuran yang lancar, namamu juga bakal lebih dipercaya jika akan melakukan pengajuan dana lagi sewaktu-waktu. Sangat memudahkan bukan?

Untuk melakukan perbandingan produk dan menghasilkan pilihan pinjaman online tanpa kartu kredit terbaik, segera saja kunjungi CekAja.